Selasa, 15 Februari 2011

belajar hal baru (free): CAMERA PD170

belajar hal baru (free): CAMERA PD170

MASTER CONTROL ROOM

MADIUN TV

Master Control Room ( MCR ) merupakan sebuah sentral control dari segala program yang akan di tayangkan sesuai dengan jadwal yang sudah ada. Biasa di sebut dengan jantung dari sebuah pertelevisian.

Peralatan yang di gunakan dalam Master Control Room antara lain :

1. ANYCAST

Anycast merupakan jantung dari sebuah rangkaian proses penyiaran pada sebuah stasiun televisi. Hal ini dapat di lihat dari fungsi anycast tersebut yang merupakan pengatur keluar masuknya suatu acara atau penayangan sebuah acara baik acara live atau tidak, anycast berfungsi sebagai pengatur proses peralihan antara acara iklan maupun acara live, dengan di dukung dengan fasilitas AG- MX70 sebagai pebgolah grafis pada acara live.

Anycast terdiri dari :

A . 6 Monitor Preview Video

Monitor preview ini berfungsi sebagai tampilan gambar / video dari portable switcher ataupun kamera pada saat live maupun rekaman.

B . 1 Monitor Preview Logo ( INT )

Monitor preview ini berfungsi untuk menampilkan logo pada layar televisi. Tampilan logo tersebut dapat di atur melalui anycast dengan menggunakan tombol KEY sebagai pengunci logo dan tombol DSK sebagai penampil logo yang bisa di lihat pada 2 monitor, PVW ( gambar yang akan di tayangkan pada layar televisi ) dan PGM ( gambar yang sedang berjalan / di tayangkan pada layar televisi.)

C . Audio Manual

Sebagai pengatur audio secara langsung tanpa efek – efek khusus maka di perlukan alat pendukung seperti halnya mixer. 6 audio manual tersebut terdapat 6 canel audio ON / OFF dan ACCESS/PEL. ON / OFF berfungsi sebagai pendukung audio dari kamera maupun portable switcher serta pendukung lainya.

PFL sebagi pengatur jaringan input / output audio pada manual audio seperti : AUX1, AUX2, MIX, PGM.

D. Beberapa tombol lain

Anycast di lengkapi dengan berbagai tombol – tombol lain seperti : menu, ECS, Online, Audio monitor, dll. Di lengkapi pula dengan stick up / down yang berfungsi sebagai transisi video / audio dari PVW ke PGM secara manual dengan meng – up/down stick tersebut.

Peralatan tambahan dalam STUDIO Master Control Room / MCR antara lain :

A. PC

PC ( matrok 1 dan matrok 2) mempunyai fungsi sebagai pendukung data rekaman seperti iklan , dan program – program acara yang akan di tayangkan.

Matrok 1 matrok 2

B. Audio Mixer

Dalam Master Control Room , audio mixer mempunyai andil dalam pengaturan audio baik audio balance ataupun efek – efek khusus audio dalam suatu acara baik live maupun rekaman.

C. Audio / video distribution amplifier

Di perlukan sebagai penambah atau pendukung pada perlatan yang membutuhkan tambahan output video / audio ( sebagai penguat kualitas video / audio).

D. Clip ON dan Phantom




Median audio dari presenter ke mixer dengan

ditambahkan penguat atau stabilizer suara (phantom).

E. PC Colour Bar

Alat ini digunakan hanya pada saat terjadi trouble atau gangguan teknis pada PC.

F. PC Grafis

Sebagai pendukung AG MX70 pada saat live.Alat ini berfungsi sebagai grafis background LIVE.

G. Telepon Hybrid

Alat ini berfungsi sebagai media komunikasi antara presenter dengan pemirsa yang melalui operator terlebih dahulu pada saat LIVE atau biasa disebut dengan Telepon Interaktif.

H. HT

Alat ini digunakan untuk memberitahu atau menghubungi pihak tower agar menaikkan pemancar udara pada saat stasiun televisi akan tayang, atau menurunkan pemancar udara pada saat stasiun televisi akan mati dan / terjadi gangguan teknis yang serius atau membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya.

2). DIGITAL AUDIO VIDEO MIXER (AG-MX70)

Pada dasarnya fungsi digital AV Mixer sama dengan Anycast,bedanya pada alat ini menggunakan teknik manual.

Kelebihan alat ini yaitu terdapat jaringan output dan input yang lebih banyak .

Bagian bagian Digital AV Mixer antara lain :

1. Layar LCD besar,Matrik Menu

Sebuah panel LCD besar mudah memungkinkan pemantauan status system.Menu menampilkan lima baris matriks dengan lima saklar rotary memudahkan untuk memahami dan mengatur AG-MX70’s banyak fungsi. Menu, yang terkait dengan kunci pada panel operasi secara otomatis untuk menampilkan pengaturan yang diperlukan. Dengan ini dapat menyederhanakan operasi dan mengurangi langkah.

2. 2D dan 3D Video Efek

Terdapat efek 2 dimensi termasuk transisi dan pola kunci ,mozaik, cat,jejak dan multi image semua itu diperlukan untuk menciptakan hasil produksi professional, Opsional.Dilengkapi juga dengan 3D digital efek termasuk

membalik halaman,riak dan bola. Efek efek tersebut dapat digabungkan untuk membuat gambar ekspresi yang canggih.

3). MX-NAVI

MX-Navi memudahkan untuk mendownload file grafis (TGA, BMP, JPEG) dibuat dengan aplikasi grafis lainnya melalui USB terminal.

Bagian Bagian MX-NAVI :

a. Roll, Crawl, dan Animasi Logo

Grafis internal buffer digunakan dalam menciptakan roll atau merangkak judul , logo animasi dan efek lainnya. Dengan standart kualitas gambar video/audio NTSC : 640 x 480 pixel x 30 frame, PAL : 768 x 576 pixel x 26 frame.

b. Serial Digital In /Out

Menambahkan AG-YA70 opsional.Dewan memberikan SDI AG-MX70 digital komponen serial 4 input/1 output antarmuka (SMPTE 259MC). Alat ini sangat ideal untuk mengkonfigurasi sebuah system dengan DVCPRO atau VTRS digital lainnya.

c. 8 Video Input

AG-MX70 terdapat 8 video input kamera multi-feed dengan total 8 input komposit analog. Empat analog komponen Y/Pb/Pr atau masukan YC dan empat SDI Input.

d. Joy Stick Controller

Memudahkan kita menentukan posisi atau efek ukuran gambar dan menyesuaikan warna .

Audio mixing AG-MX70 menyediakan audio serbaguna pencampuran dengan empat input stereo ditambah dua input mono, salah satunya mungkin input

mic.Audio bisa terhubung saat video transisi. AG-MX70 juga dilengkapi dengan headphone jack.

e. Tally Output

Tally output hingga 8 camera disediakan untuk menggunakan AG-MX70 sebagai switcher pada acara live.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar